Kultum Ba'da Sholat Ashar di Mushola Kanwil Jateng II Surakarta




Assalamu’alaikum warrohmatullahi wabarrokatuh

Alhamdulillahirobbil’alamiin washolatu wassolaamu ‘ambya’i walmursaliin wa’ala alihi wa’ash haabihi waman tabiahum bi ihsani ila yaumidiin, asyhadu ala ilaha illalah wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasulluh, Allohuma sholi ala Muhammad wa ala ali Muhammad, ammaba’du
Segala puji bagi Allah SWT, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah kepada nabi Muhammad SAW,  juga keluarga dan para sahabat, serta kepada semua yang mengikuti mereka dalam kebenaran sampai hari kiamat nanti.

Urgensi dan Hikmah Sholat (Kultum)

Urgensi Sholat
Jamaah Sholat Ashar yang dirahmati Alloh
Sebagai seorang muslim diwajibkan untuk mendirikan sholat lima waktu. Namun tanpa disadari, kebanyakan dari kita menganggap kewajiban mulia tersebut sekedar rutinitas yang membebani saja. Banyak yang menjalankan sholat hanya sekedar menggugurkan kewajiban, atau ibaratnya anak sekolah atau karyawan perusahaan dgn sekedar absen semata, tanpa mengetahui urgensi dan hikmahnya. Oleh karena itu marilah dalam kesempatan yang berbahagia ini, kembali kita merefresh kembali urgensi dan hikmah ibadah sholat yang kita kerjakan sehari-hari. Adapun urgensi dari ibadah sholat, yaitu merupakan ibadah yang pertama kali akan dimintakan pertanggung jawabannya dari setiap manusia yang mengaku muslim pada hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya amal ibadah seseorang yang paling pertama kali dihisab adalah shalatnya. Jika shlalatnya di nilai baik, maka bahagia dan tenanglah dia. Namun jika shalatnya rusak, maka rugi dan sengsaralah dia.” (HR. Tirmidzi, Ahmad dan Nasa’i).
Dengan meyakini dan memahami urgensi ibadah sholat, diharapkan kita semua bisa lebihmerasakan keagungan ibadah mulia ini lalu menjalankannya dengan sepenuh keikhlasan dan kepasrahan.

Hikmah Sholat
Jamaah Sholat Ashar yang dirahmati Alloh
Selain urgensi, ibadah sholat juga mempunyai hikmah bagi kehidupan kita secara pribadi maupun masyarakat. Secara pribadi, ibadah sholat akan menghasilkan hikmah kepada mereka yang mengerjakannya setidaknya dalam tiga hal :

1.  Sholat akan Mengendalikan Diri dari Kemaksiatan
Orang yang mendirikan sholat dengan baik akan merasakan hubungan dan kedekatan yang luar biasa kepada Allah SWT. Karenanya ia akan merasa selalu dalam pengawasan Allah SWT. Ia tidak rela menodai kedekatannya itu dengan amal dan perbuatan maksiat. Inilah buah dari ibadah sholat yang mulia, sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT :
Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar. (Al-Ankabut: 45).

2.  Sholat sebagai Pembersih dari segala Dosa
Dari Abu Hurairah radliyallahu 'anhu berkata, aku mendengar Rasulullah shallalahu 'alaihi wasallam bersabda, “Menurut kalian seandainya ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian di mana dia mandi di dalamnya setiap hari lima kali, apakah masih ada kotorannya yang tersisa sedikit pun?” Mereka menjawab,”Tidak ada kotoran yang tersisa sedikit pun.” Rasulullah saw bersabda, “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

3.  Sholat akan Menguatkan Jiwa dalam menghadapi Cobaan Kehidupan
Kehidupan manusia bagaikan putaran roda ; senang, susah, gembira, ujian dan cobaan datang silih berganti menguji iman dan ketakwaan. Seorang muslim harus mempunyai jiwa yang kokoh untuk menghadapi beratnya ujian kehidupan. Ibadah sholat sejak awal menjadikan jiwa manusia tenang dan khusyuk, sehingga mampu menjalani kehidupan dengan matang. Kita diperintahkan untuk selalu menjadikan sholat sebagai pengokoh jiwa kita dalam setiap musibah yang melanda.
Allah SWT berfirman :  “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (Al-Baqarah: 45).

Sholat senantiasa menjadikan jiwa kita tenang dan kokoh. Inilah rahasia mengapa Rasulullah SAW meminta kepada Bilal : Wahai Bilal, istirahatkan kami dengan shalat. (HR Ahmad dan Abu Daud). Dalam kesempatan lain beliau juga bersabda, Dan ketenanganku dijadikan di dalam shalat. (HR Ahmad).
Semoga kita semua termasuk yang mendapatkan buah dan hikmah dari ibadah sholat yang dikerjakannya. Amiiin YRA
Demikian kultum pada ba’da Sholat Ashar ini, kalau ada yang salah itu dari saya dan saya mohon maaf, kalau memang benar  adanya itu semata-mata rahmat dari Alloh SWT.
Sebelum kita tutup mari bersama-sama membaca doa kafaratul majelis
Subhanaka - allahumma wabihamdika - asyhadu  ala ilaha illa anta - astagfiruka wa atubu ilaika.
Artinya Maha suci Engkau, Ya Allah. Dan dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu


Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wabarrokatuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah