Senin, 20 Juni 2016

Puasa Ramadhan tapi Berat Badan Bertambah

Segelas es teh manis berwarna kecoklatan dengan bulir-bulir air membasahi gelas terlihat begitu menyegarkan, pas untuk berbuka puasa. Terbayang, saat minuman itu mengalir masuk ke mulut, manisnya membuat lidah ketagihan. Kerongkongan yang seharian kering kerontang tiba-tiba basah dan segar.
Memang, minuman manis kerap jadi menu pembuka bagi orang yang berpuasa setelah seharian menahan lapar dan haus. Tak cukup di situ, menu berikutnya tak kalah manis, kolak atau es buah bersirup kerap disantap pula.
Jika Anda berharap Puasa merupakan ajang membentuk badan ideal, maka pupus sudah harapan ini. Hidangan di atas malah akan membuat berat badan naik, walaupun Anda sudah sebulan berpuasa. Kok begitu?
Dokter spesialis gizi klinik, Saptiawati Bardosono, menjelaskan bahwa berat badan bertambah saat Puasa disebabkan kesalahan jenis dan jumlah konsumsi makanan.
"Minuman dan makanan manis membuat otak cenderung tidak cepat merasa dipuaskan, meskipun kalori yang diminum sebenarnya sudah banyak," kata Saptiawati dikutip Kompas.com, Senin (30/6/2014).
Tak hanya itu. Makanan dan minuman manis olahan—termasuk biskuit, coklat, atau permen—merupakan jenis karbohidrat sederhana yang mudah dicerna tubuh menjadi gula darah.
Saat dikonsumsi, gula darah akan melonjak tinggi kemudian turun dengan cepat. Tubuh menjadi lemas, mudah mengantuk, dan mudah lapar walau konsumsi kalori sebenarnya sudah cukup.
"Belum lagi dampak minuman dan makanan manis yang bikin ketagihan. Setelah minum atau makan yang manis-manis, orang lebih mungkin untuk ingin makan manis-manis lagi," tutur Saptiawati.
Jika Anda berniat memiliki tubuh singset saat lebaran nanti, sebaiknya ganti menu pembuka dengan makanan manis yang sehat seperti kurma atau buah-buahan lain. Kurma pun sebenarnya lebih baik yang langsung matang dari pohon. Rasanya tak terlalu manis dan sedikit sepet, berbeda dengan kurma di toko-toko kelontong dalam negeri.
Namun jika Anda lebih memilih buah lain, konsumsi jenis yang mengandung banyak air semisal semangka dan melon. Tak lupa, perbanyak pula asupan air putih agar terhindar dari dehidrasi.
Selain itu, menu utama berbuka Puasa harus diperhatikan pula. Zat gizi yang paling dibutuhkan tubuh setelah seharian Puasa adalah karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan pada nasi merah, nasi hitam, dan kentang rebus.
Karbohidrat jenis ini kaya serat sehingga diserap tubuh perlahan-lahan. Dengan begitu, gula darah pun naik secara berkala dan dimasukkan pelan-pelan ke sel oleh insulin. Sudah tubuh lebih sehat, timbangan menyusut pula.
Selain itu, protein juga zat penting bagi tubug. Ikan, daging, atau putih telur wajib masuk menu. Sebaliknya, makanan berlemak tinggi seperti gorengan atau makanan cepat saji lebih baik dihindari. Jika tidak, berat badan dipastikan sukses bertambah.
Jumlah
Tidak hanya jenis makanan dan minuman saja yang perlu dipilah hati-hati. Anda pun wajib waspada dengan jumlah asupan selama bulan Ramadhan.
Rumus sederhana untuk menurunkan berat badan adalah energi yang dibakar harus lebih banyak daripada yang ditimbun. Artinya, konsumsi harus dibatasi. Jangan kalap ketika menyantap hidangan buka puasa.
"Kalau sahur (porsinya) normal, buka (juga) normal, berat badan bisa turun karena waktu makan kita juga tidak sebanyak hari biasa," kata dokter gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, disaring nationalgeographic.co.id, Kamis (18/6/2015).
Selain jumlah asupan, total aktivitas wajib jadi catatan pula. Saat bulan Puasa biasanya kita kurang bersemangat untuk bergerak, apalagi berolahraga. Padahal, untuk menunjang program menurunkan berat badan, olahraga perlu dilakukan.
Agar tak terserang dehidrasi, lakukan olahraga pada sore hari menjelang buka puasa. Tak usah terlalu berat, lari ringan sejauh satu kilometer cukup membakar lemak. Atau, jika memungkinkan, Anda bisa memasukkan jadwal olahraga setelah berbuka puasa.
Karena banyak hal perlu diperhatikan, lebih baik Anda memanfaatkan aplikasi smartphone yang bisa membantu menjaga asupan dan aktivitas. Pilih aplikasi yang punya fitur daily activity agar menu makanan dan waktu konsumsi bisa diatur. Misalnya, jumlah makanan saat sahur atau berbuka puasa.
Tak hanya itu, waktu untuk mencukupi kebutuhan cairan cukup mepet saat bulan puasa. Karena itu, lebih baik aplikasi juga bisa membantu Anda mengatur frekuensi minum air putih tiap hari. Aplikasi Medcare, misalnya, memiliki fitur pengaturan total minuman dalam satu hari.
Aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi IOS dan Android ini bisa pula menjadwalkan waktu olahraga dan istirahat Anda. Jika sudah begini, tak ada lagi alasan lupa. Paling penting, motivasi Anda harus tinggi.
Selamat berpuasa!

Sumber : Kompas.com

Perbanyak Protein agar Puasa Kuat Seharian

Sering dilanda rasa lapar sebelum jam buka puasa? Coba ubah menu sahur Anda dengan memperbanyak asupan protein.
Prof. Hardinsyah, MS. PhD selaku Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia menyebut kalau protein mampu menahan rasa kenyang lebih lama. Hardinsyah pun menyarankan untuk memperbanyak asupan protein saat sahur.
Hardinsyah menjelaskan kalau protein sebenarnya menyimpan energi, hanya saja fungsinya berbeda dengan lemak. Keuntungan lainnya, protein bagus untuk pembentukan otot, jaringan tubuh, jantung, saluran pencernaan, dan kulit.
“Kebanyakan orang mengasup karbohidrat seperti nasi, mi instan, atau bubur saat sahur. Justru makanan itu bikin rasa lapar datang lebih cepat,” ujar Hardinsyah dalam temu media bertema Pentingnya Keseimbangan Protein Untuk Kesehatan Optimal.
Karbohidrat yang berasal dari nasi, bubur, atau roti, lanjut Hardinsyah, bersifat menurunkan gula darah lebih cepat. Akibatnya, lebih cepat menimbulkan rasa lapar.
“Jika ingin mengkonsumsi karbohidrat, upayakan karbohidrat kompleks yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks ini bisa didapat dari beras merah atau roti gandum,” jelas Hardinsyah.
Guru Besar Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor ini juga menyarankan untuk menghindari makanan berlemak. Alasannya, lemak meningkatkan insulin yang berakibat turunnya gula darah sehingga cepat menimbulkan lapar.
“Jangan lupakan asupan cairan. Usahakan minum air mineral yang cukup dan kalau bisa mendekati waktu Imsak,” pungkas Hardinsyah.



Sumber : Kompas.com

Cara Mudah Mengusir Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan

Saat menjalani puasa, mulut akan mengalami kekeringan karena tidak makan dan minum. Produksi air liur pun menjadi berkurang. Hal ini bisa menjadi penyebab utama bau mulut.
Bau mulut saat Puasa dapat menjadi masalah utama ketika harus bertemu dan berbicara dengan banyak orang. Anda yang memiliki aktivitas tinggi saat bulan Puasa tentu tak mau memiliki napas yang tak segar.
Berikut, empat cara mudah dan efektif mengusir bau mulut selama Puasa seperti dikutip dari Boldsky.com.
1. Banyak minum air saat sahur
Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minum lah sedikitnya, 2-3 gelas air putih.
Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Saat waktunya berbuka puasa, juga jangan lupa minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.
2. Sikat gigi setelah makan
Baik saat bulan Puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan Ramadan, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.
3. Gunakan obat kumur antibakteri
Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.
4. Bersihkan lidah
Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan. Tak tertutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah.
Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah bau mulut terjadi.




Sumber : Kompas.com

Membasmi bau mulut

Setiap orang pasti setuju bahwa nafas tak sedap adalah hal yang sering membuat jengkel, memalukan dan merusak suasana saat berkomunikasi dengan orang lain. Saat ini, tidak kurang dari 90 juta orang mengidap kelainan bau mulut kronis atau juga dikenal dengan istilah halitosis. 

Jika Anda mengalami problem yang satu ini, berikut adalah tip-tip mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya :

1.  Jangan biarkan lidah Anda seperti karpet kotor
Bau mulut seringkali menyerang ketika orang tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.  Aroma tak sedap biasanya timbul akibat pembusukan remah atau sisa-sisa makanan yang terjebak dalam gigi Anda.  Itulah sebabnya mengapa menyikat gigi dan flossing secara teratur sangat penting bagi kesehatan gigi dan mulut. 

Tapi ada yang tak boleh dilupakan adalah menyikat lidah untuk membersihkan bakteri. Lidah adalah organ yang secara mikroskopik seperti halnya sebuah karpet. Ada jutaan filamen dalam lidah yang dapat membuat partikel, bakteri dan sisa-sisa makanan terjebak. Dengan membersihkan lidah secara teratut menggunakan sikat, sendok atau pembersih khusus lidah, bakteri penyebab nafas busuk dalam mulut akan berkurang.

Menggunakan penyegar mulut atau mouthwash juga bukan ide yang buruk, tetapi langkah ini hanya bersifat sementara. Memilih penyegar mulut sepertinya lebih praktis sebelum Anda makan malam dengan sang kekasih. Tetapi upaya ini hanyalah  menyamarkan aroma bau mulut saja, tanpa mengatasi masalah Anda yang sebenarnya.

2. Selalu kunyah permen karet.
Percaya atau tidak, saliva atau air liur adalah senjata paling ampuh untuk membasmi nafas tak sedap. Itulah sebabnya ketika mulut Anda kering, yang seringkali disebabkan konsumsi obat atau penyakit, akan menyebabkan masalah bau mulut. 

Selain dapat membersihkan mulut dari partikel makanan dan bakteri, air ludah juga dapat mengikis aroma nafas tak sedap. Jika Anda bertanya kenapa mulut selalu bau ketika bangun tidur, hal ini terjadi karena produksi alir liur menurun ketika tidur, sehingga membuat partikel dan aroma tak sedap bertahan dan melekat dalam mulut.|

Itulah sebabnya permen karet tanpa gula sangat berfaedah, karena dengan mengunyahnya akan merangsang produksi air liur.  Pilihlah permen karet dengan pemanis xylitol karena pemanis ini tidak hanya dapat meningkatkan produksi air liur ,tetapi bekerja mencegah pertumbuhab bakteri dalam mulut

3. Gunakan kayu manis.
Sebuah riset terbaru penggunaan permen karet di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengatasi masalah bau mulut.  Tidak seperti bahan lainnya, kayu manis tidak hanya menyamarkan aroma yang tak sedap. Rempah alami ini juga mengandung zat yang tampaknya dapat menurunkan konsentrasi bakteri di dalam mulut.  Oleh karena itu,  hindarilah permen karet yang mengandung gula karena justru akan merusak gigi, tetapi pilihlah permen karet tanpa gula dengan aroma kayu manis.

4. Minum air lebih banyak.
Para ahli mengindikasikan, semakin tua usia seseorang akan semakin rentan mengalami dehidrasi.  Anda mungkin tidak pernah sadar jika Anda kehausan dan tubuh memerlukan lebih banyak cairan. Maka dari itu, biasakanlah minum secara teratur karena meminum air akan menekan pertumbuhan  bakteri dalam mulut. Selain itu, minum air secara teratur juga membuat Anda lebih segar dan sehat. 

5. Atasi penyebab lainnya.
Meski kebanyakan bau mulut dapat diatasi dengan langkah mudah dan pola hidup yang higienis, ada kalanya bau mulut juga disebabkan masalah gigi atau penyakit lain yang sangat jarang. Datanglah ke dokter gigi jika bau busuk dalam mulut Anda menetap dan tak kunjung hilang. 

Dokter akan memeriksa kemungkinan terjadinya gigi berlubang, gigi busuk, atau bahkan masalah gusi yang menyebabkan mulut menjadi tak sedap. Bila bau mulut  Anda penyebabnya tidak jelas, ini dapat menjadi sinyal atau pertanda adanya problem kesehatan yang lebih serius. 

Kasus yang jarang ini, bisa jadi merupakan indikasi adanya infeksi, gagal ginjal atau liver. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksakan ke dokter ahli jika dokter gigi tidak dapat menemukan secara pasti penyebab bau mulut Anda.

6. Gunakan water pick.
Anda tidak bisa membersihkan dengan sempurna seluruh mulut dengan hanya mengandalkan sikat gigi. Menggunakan sejenis alat penyemprot khusus gigi yang disebut water pick, Anda bsia memberihkan semua bagian mulut, gusi dan  sela-sela  di antara gigi Anda.  Jika sisa-sisa makanan menempel di antara gigi dan sikat tak bisa mencapainya, makanan itu akan membusuk dan baru akan tersapu bila Anda melakukan flossing. Dengan alat ini, Anda tak perlu menunggu hingga makanan membusuk.



Sumber : kompas.com

Selasa, 19 April 2016

Daun yang bermanfaat sebagai Penenang dan Pengantar Tidur



Daun yang berwarna hijau terang, berbentuk kipas panjang, sempit dan berbau harum. Daun pandan, mudah sekali menanamnya, tidak membutuhkan media khusus, cukup tanah dalam pot kecil atau polybag. Tetapi kalau ingin tumbuhnya lebih subur, lebat dan bisa berkembang besar, lebih baik ditanam langsung di tanah. Daun pandan termasuk tanaman asli dari Asia Tenggara, berasal dari tanaman pandan wangi. Memiliki manfaat yang sangat banyak baik untuk keperluan rumah tangga seperti untuk memasak, kesehatan bahkan untuk kecantikan. 

Manfaat daun pandan untuk kesehatan, ternyata bisa meringankan gejala rematik. Cukup mudah cara membuatnya, daun pandan yang masih segar, cukup beberapa lembar saja diiris kecil-kecil, Kemudian panaskan setengah cangkir minyak kelapa, daun pandan yang telah diiris kemudian diuleni/dicampurkan. Tunggu hingga dingin, ramuan tersebut baru bisa digunakan untuk minyak gosok. 

Jika Anda susah tidur, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat tidur atau membeli aroma terapi yang bisa mengantarkan tidur. Cukup memanfaatkan daun pandan saja. Karena mengandung zat tannin, daun pandan bisa memberikan efek ketenangan. Jadi bisa bermanfaat selayaknya obat penenang. Cukup dengan mengabil beberapa lembar daun pandan, setelah dicuci dan diiris tipis lalu diseduh dengan air panas. Tunggu sampai dingin, dan setelah disaring, ramuan daun pandan diminum. diseduh dan diminum sebelum tidur.














Sumber: http://www.kompasiana.com/

Panama Papers



Panama Papers adalah daftar ribuan orang yang diduga menghindari pajak dan menggunakan jasa Kantor Mossack Fonseca, firma hukum di Panama.
Bahwa Dugaan pencucian uang dan pengemplangan pajak menjadi isu yang digemborkan usai dokumen kantor hukum itu bocor.
Di antara ribuan nama yang terdiri dari kepala negara, pejabat, artis hingga pemain sepakbola Leonel Messy itu, juga terdapat sekitar 900 orang warga negara Indonesia.
Beberapa nama besar di Indonesia seperti Aburizal Bakrie, Djan Faridz, Rini Soemarno, Ahmad Kalla, Sandiaga Uno, Riza Chalid, Harry Azhar Azis, dan Joko S Candra telah disebut-sebut namanya dalam artikel Panama Papers. Bahkan, nama pengusaha properti asal Batam yang kini menjabat Ketua REI Indonesia, Edy Hussy, juga masuk dalam daftar itu.
Mossack Fonseca mengaku selama ini hanya membantu kliennya menyimpan dana di luar negeri. Namun, mereka meyakini hal itu tidak melanggar hukum.