Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan Secara Alami dan Efektif

Apa solusi yang harus kita lakukan ketika mendapati diri kita terkena batuk berdahak? Tentu solusinya adalah menghilangkan dahaknya. Lalu bagaimana cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan secara alami agar tidak kebanyakan menggunakan obat? Berikut adalah cara alami yang dapat dilakukan di rumah untuk mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan.
  1. Madu dan Jahe
Jahe adalah rempah terkenal sejak zaman dahulu dan dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan jahe menurut penelitian dapat meminimalkan gejala flu dan batuk, serta menenagkan sistem pernafasan. Ramuan ini dapat dibuat dengan menggunakan 100 gram jahe segar yang sudah bersih dari kulit, kemudian ditumbuk atau diparut dengan 2 sendok makan madu. Lalu Anda dapat memasukkan bahan- bahan tersebut ke dalam microwave selama 15 detik. Kemudian seduh 2 sendok makan ramuan tadi dengan air hangat dan konsumsi sebanyak dua kali sehari dalam waktu tiga hari dan lihat perubahannya.
  1. Lada
Rempah kedua yang dipercaya mampu untuk cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami adalah lada. Anda dapat mencampurkan ½ sendok teh lada putih dengan 1 sendok makan madu. Kemudian masukkan ramuan tersebut ke dalam microwave selama 15 detik. Seduh ramuan tersebut dengan menggunakan air hangat dan konsumsi sebanyak 3x sehari. Ramuan ini juga dapat ditambah dengan madu atau lemon dan sedikit garam.
  1. Bawang dan lemon
Cara alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan dahak selanjutnya adalah dengan mengolah bawang yang dicampur dengan lemon. Pertama kupas bawangnya, kemudian masukkan di dalam juicer. Kemudian dilanjutkan dengan memeras lemon ke dalam ramuan daun bawang tersebut. Lalu tuangkan secangkir air mendidih ke dalam ramuan tersebut dan diamkan selama 2 hingga 3 menit. Setelah suhunya cukup mendingin, tambahkan 1 sendok teh madu dan minumlah ramuan tersebut 3x sehari sehingga dahaknya menghilang.
  1. Anggur
Anggur merupakan salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan dahak. Anggur ini merupakan cara yang dapat dikatakan paling enak daripada ramuan- ramuan lainnya. Berdasarkan penelitian, anggur ini dikatakan mampu menjadi ekspektoran alami, yang mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit pernafasan, termasuk juga hidung dan tenggorokan yang tersumbat dahak. Ramuan dari anggur ini dapat dibuat dengan cara mengubah anggur menjadi jus, kemudian ditambahkan 2 sendok makan madu. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali seminggu.
  1. Lemon Tea
Cara enak dan alami untuk menghilangkan dahak lainnya selain jus anggur adalah dengan temon tea atau teh lemon. Lemon ini merupakan buah yang dipercaya manjur untuk menghilangkan dahak. Hal ini karena kandungan asam sitrat dalam buah lemon diteliti mampu menjadi antiseptik alami yang mampu menghilangkan dahak di tenggorokan. Ramuan ini dapat dibuat dengan mencampurkan lemon dengan teh hangat  tanpa gula. Penggunaan gul a harus diminimalisir karena kebanyakan gula akan menyebabkan batuk juga. Atau membuat lemon ini menjadi jus kemudian ditambah dengan dua sendok makan madu.
  1. Air Garam
Berkumur dengan air garam merupakan cara alami yang tradisional dan dipercaya secara turun temurun dapat mengatasi masalah mulut. Air garam juga dipercaya mampu menjadi cara alami yang digunakan untuk menghilangkan dahak secara alami. Ramuan ini dapat dibuat dengan mencampurkan 1 sendok makan garam dengan segelas air hangat lalu digunakan untuk berkumur. Kemudian miriangkan kepala Anda hingga air garam tersebut sampai ke ujung tenggorokan. Anda juga dapat menambahkan 1 sendok makan kunyit pada ramuan ini.
  1. Madu dan Garam
Saat batuh berdahak, usahakan mengurangi konsumsi gula. Sebagai pemanis pengganti gula, pakailah madu. Untuk membuat obat yang membantu menghilangkan dahak secara alami , campurkanlah madu ini dengan sedikit garam, kemudian minumlah ramuan tersebut sebanyak satu sendok makan. Lakukan pengonsumsian ramuan ini hingga dahak hilang.
  1. Telur Ayam Kampung
Telur ayam kampung dipercaya juga sebagai ramuan alami untuk menghilangkan dahak dari tenggorokan. Anda dapat membuat ramuan alami dari telur ayam kampung dengan menambahkan 2 sendok makan gula pasir, dan ¼ gelas air mendidih, kemudian aduk rata. Kemuadian minum selagi hangat. Ramuan ini dapat dikonsumsi setiap hari 2x sehari (pagi dan sore).
  1. Memperbanyak Minum Air Putih
Minum air putih dalam jumlah banyak adalah cara yang paling mudah untuk membantu menghilangkan dahak secara alami. Karena banyak dahak yang dikeluarkan akan membuat tubuh kita dehidrasi, sehingga menbutuhkan cairan pengganti. Air putih datang untuk mengisi kekosongan cairan tersebut. Selain itu air putih juga dapat berperan sebagai pengencer dahak sehingga akan lebih baik jika dilakukan terus menerus. Usahakan meminum air putih ini setiap satu jam sekali sebanyak satu gelas. Jika sedang tidak ada air putih maka Anda bisa menggantinya degan teh atau jus. Air yang panas atau hangat akan lebih baik daripada yang dingin.
  1. Menggunakan Uap
Menghirup uap dari rebusan rempah- rempah seperti cengkeh, kunyit, jahe, dan kencur akan membantu membuat dahak menjadi cair. Dan jika dahak dirasa cukup mengganggu tenggorokan, maka air rebusan rempah ini dapat diminum sebagai obat yang dapat membantu mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan.
  1. Menggunakan Permen Pelega Tenggorokan
Permen pelega tenggorokan merupakan cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami. Selain rasanya yang enak, permen pelega tenggorokan juga mengandung ekspektoran yang dipercaya mampu memecah dahak sehingga memudahkan untuk keluar dari tenggorokan.






Sumber : http://halosehat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah