Daun yang bermanfaat sebagai Penenang dan Pengantar Tidur



Daun yang berwarna hijau terang, berbentuk kipas panjang, sempit dan berbau harum. Daun pandan, mudah sekali menanamnya, tidak membutuhkan media khusus, cukup tanah dalam pot kecil atau polybag. Tetapi kalau ingin tumbuhnya lebih subur, lebat dan bisa berkembang besar, lebih baik ditanam langsung di tanah. Daun pandan termasuk tanaman asli dari Asia Tenggara, berasal dari tanaman pandan wangi. Memiliki manfaat yang sangat banyak baik untuk keperluan rumah tangga seperti untuk memasak, kesehatan bahkan untuk kecantikan. 

Manfaat daun pandan untuk kesehatan, ternyata bisa meringankan gejala rematik. Cukup mudah cara membuatnya, daun pandan yang masih segar, cukup beberapa lembar saja diiris kecil-kecil, Kemudian panaskan setengah cangkir minyak kelapa, daun pandan yang telah diiris kemudian diuleni/dicampurkan. Tunggu hingga dingin, ramuan tersebut baru bisa digunakan untuk minyak gosok. 

Jika Anda susah tidur, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat tidur atau membeli aroma terapi yang bisa mengantarkan tidur. Cukup memanfaatkan daun pandan saja. Karena mengandung zat tannin, daun pandan bisa memberikan efek ketenangan. Jadi bisa bermanfaat selayaknya obat penenang. Cukup dengan mengabil beberapa lembar daun pandan, setelah dicuci dan diiris tipis lalu diseduh dengan air panas. Tunggu sampai dingin, dan setelah disaring, ramuan daun pandan diminum. diseduh dan diminum sebelum tidur.














Sumber: http://www.kompasiana.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah