Keajaiban Pisang Mengatasi Beragam Masalah Kesehatan

Manfaat pisang sudah banyak diketahui orang. Mulai dari memperlancar pencernaan sampai membantu proses diet, membuat pisang menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang.
Tak hanya itu, buah berkulit kuning dan berbentuk lonjong ini pun mengandung tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kandungan tersebut membuat pisang sebagai salah satu penyuplai energi terbesar bagi tubuh.
Penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya mengonsumsi dua buah pisang, Anda bisa memperoleh energi yang cukup untuk latihan berat selama 90 menit. Tidak heran kalau selama ini pisang menjadi buah nomor satu yang dikonsumsi banyak atlet terkemuka di dunia.
Tapi, menyuplai energi bukanlah satu-satunya cara pisang membuat tubuh menjadi sehat. Ternyata pisang juga dapat membantu mengatasi atau mencegah beberapa macam penyakit dan kondisi tertentu.
Mengutip World Observer Online, setidaknya ada 12 keajaiban pisang yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan pada manusia. Bagaimana tidak, buah pisang dianggap sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
Jika anda membandingkannya dengan apel, pisang memiliki empat kali protein, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali vitamin dan mineral lainnya. Bahkan pisang juga kaya akan kalium dan merupakan salah satu dari makanan terbaik.
1. Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND, di antara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dikenal sebagai pembuat rileks, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
2. Anemia
Tingginya kandungan zat besi yang terdapat pada pisang membuatnya dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu apabila terjadi anemia.
3. Tekanan darah
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini menyebabkan US Food and Drug Administration mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.
4. Daya otak
Sebanyak 200 siswa di sekolah Twickenham, Inggris, terbantu dalam ujian mereka tahun ini karena memakan pisang pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Konsumsi pisang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otak mereka. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin fokus.
5. Sembelit
Kandungan serat yang tinggi pada pisang terbukti dapat mempermudah menormalkan pencernaan tanpa harus mengonsumsi obat pencuci perut.
6. Mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah milkshake pisang, yang menggunakan madu sebagai pemanisnya. Buah pisang meredakan sakit perut. Sementara itu madu dapat meredakan kadar gula, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam Anda.
7. Rasa panas dalam perut
Pisang memiliki efek antasid pada tubuh. Jadi, jika Anda mengalami ini, cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya.
8. Morning sickness
Ngemil pisang di antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari morning sickness.
9. Gigitan nyamuk
Sebelum memakai krim anti gigitan nyamuk, coba gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kulit Anda. Ini terbukti mengurangi pembengkakan dan iritasi.
10. Tegang
Pisang mengandung vitamin B yang dapat membantu menenangkan sistem saraf. Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih cokelat dan keripik.
Dengan melihat 5 ribu pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena berada dalam tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yg tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga tingkat stabil.
11. Maag
Pisang digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stres. Pisang juga dapat menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.
12. Mengendalikan suhu
Banyak budaya lain yang melihat pisang sebagai buah 'dingin' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu hamil. Di Thailand, misalnya, ibu hamil akan makan pisang untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu yang tidak tinggi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah