Dua Amalan Yang Diutamakan Rasulullah Pada Bulan Ramadhan

Dua Amalan Yang Diutamakan Rasulullah Pada Bulan Ramadhan :

1.Membaca Al-Quran
2.Memperbanyak shadaqah
Kenapa? Karena bila amal saleh dilakukan bertepatan dengan waktu yang mulia, maka Allah subhana wata’ala akan melipatgandakan pahalanya.

Dari Ibn Abbas radhiallahu ‘anhu dia berkata :
“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau... bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus” (HR Bukhari).

Hadits ini menunjukkan keutamaan dari 2 amalan pada bulan Ramadhan, yaitu shadaqah dan membaca Al-Quran.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, dia berkata.”Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wasallam bersabda, ’Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Quran maka akan memperoleh satu kebaikan, Setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat, Aku tidak mengatakan,’alif laam miim’ itu satu huruf, tetapi ‘alif’ satu huruf, ‘laam’ satu huruf dan ‘miim’ satu huruf.” (HR. Tirmidzi no, 2910, hadis ini dishahihkan oleh Syaikh Salim bin I’ed Al-Hilali ).

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda:
“Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal) -dan memang Allah tidak menerima kecuali yang baik saja-, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu akan memeliharanya untuk pemiliknya sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya hingga menjadi besar seperti gunung”. (HR. Al-Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah