Minyak Goreng bisa digunakan hingga tiga kali


Menurut beberapa ahli, minyak bisa digunakan hingga tiga kali asalkan tidak dipanaskan dalam suhu tinggi.

Tekstur makanan yang garing banyak disukai orang. Namun tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, apalagi jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah digunakan berulang kali. Nutrisi minyak yang sudah dipanaskan bisa berubah menjadi tidak sehat.

Menentukan minyak yang sehat atau tidak bisa diperhatikan dari berapa kali pengunaan minyak. Minyak goreng bisa digunakan hingga tiga kali pakai dan disimpan dalam wadah tertutup. Cara menyimpan ini diyakini dapat meminimalisir proses oksidasi pada minyak.

Menurut Hardinsyah, MS. PhD selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, saat dihubungi Detikfood (27/5/2013), minyak goreng bisa digunakan hingga tiga kali. Namun lebih baik jika digunakan satu kali saja dengan suhu di bawah 120 C.

Iapun menambahkan, jangan sampai minyak yang sedang dipanaskan mengeluarkan asap karena minyaknya bisa berganti menjadi lemak jenuh. “Suhu pemanasan yang tinggi juga dapat merusak protein makanan yang sedang digoreng, sepeti daging ayam ataupun tempe.” ujar Atin Nurafiatin, ahli gizi My Meal Catering.

Atin juga menambahkan, kerusakan minyak seperti bau tengik bisa terjadi karena tiga hal yaitu proses oksidasi, enzim dan hidrolisis. Kerusakan akibat proses oksidasi ini disebabkan oleh penyimpanan minyak yang terlalu lama sehingga semakin banyak oksigen yang diserap oleh asam lemak. Cahaya juga sangat mempengaruhi kelembaban udara dan suasana asam ruangan.

Sedangkan hidrolisis ini terjadi karena reaksi kimia dalam minyak. Mudah terjadi pada minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Biasanya warna minyak berubah menjadi cokelat dan lebih banyak menyerap minyak. Adanya enzim pada minyak juga bisa merusak minyak. Hal ini terjadi karena aktifitas organisme yang menghasilkan enzim dan akan menguraikan ikatan trigliserida.







Emilia E. Achmadi MS., RD, ahli gizi dari Klinik Kardiovaskular Cinere, juga menambahkan minyak yang dipanaskan hingga lebih dari delapan jam bisa merubah struktur menjadi berasap. Selain itu warnanya juga berubah jadi lebih gelap.

sumber : detikfood.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah