Raudah di Masjid Nabawi Madinah




Raudah adalah nama lokasi yang ada dalam Masjid Nabawi, yaitu antara Makam Rasul dan Mimbar luasnya kurang lebih 144 M2 yang sekarang ditandai dengan pilar-pilar berwarna putih dengan ornament yang khas sedangkan lantainya dilapisi permadani wool yang sangat cantik dan unik. Raudah juga disebut “Taman Surga” berdasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:
“Diantara rumahku dan mimbarku adalah sebagian taman surga” (Muttafaq ‘Allaih)

Raudah adalah salah satu tempat yang makbul untuk berdoa, karenanya selau dipadati oleh jama’ah. Kalau ingin solat subuh di Raudah, kita harus bangun dan berangkat ke Masjid jam 3.00 pagi. Tempat itu menjadi rebutan diantara jama’ah pria. Jama’ah wanita tidak dapat bersembahyang wajib disini karena seluruh shaf diisi jema’ah pria. Jama’ah wanita diberi kesempatan untuk sholat sunat pada “jam duha”, dari pagi sampai menjelang waktu Dzuhur.

Jama’ah pria yang ingin shalat disana cobalah datang pada tengah hari sekitar jam 11 siang, ketika Raudah diblokir untuk diisi jama’ah wanita, nah, waktu jama’ah wanita kembali ke shafnya tanda waktu Dzuhur akan tiba itulah shaf raudah dikembalikan kepada pria.

Pada saat itu “sekat” dilepas, jama’ah pria berhamburan menuju tempat itu. Shalat sunat di raudah dapat dilakukan kapan saja. Tetapi banyak jama’ah pria mengincar waktu pada saat sekat-sekat tersebur terlepas. Hati-hatilah dalam masuk area Raudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah