Makan Buah Pisang Bisa Mengobati Penyakit Stroke


Stroke merupakan penyakit nomor tiga yang mematikan setelah jantung dan kanker. Karena itu, menjalani hidup sehat merupakan solusi jitu untuk mencegah penyakit berbahaya ini.

Peneliti dari Inggris dan Italia menyebutkan mengkonsumsi pisang tiga kali sehari layaknya minum obat akan memberikan kalium cukup untuk mengurangi kemungkinan menderita pembekuan darah di otak sekitar 21%.

Seseorang dianjurkan mengkonsumsi sekitar 2.300 mg potasium perhari. Sedangkan yang sering ditemukan, orang hanya mengkonsumsi kurang lebih 1.500 mg potasium per hari.

Pada pisang ditemukan kandungan potasium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas orang juice atau kentang kukus.


Meskipun beberapa studi sebelumnya telah menyarankan pisang sebagai buah pencegah stroke, namun hal penting lainnya ialah mengendalikan tekanan darah, sebab hasilnya tidak selalu konsisten.

Dalam penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, para ilmuwan menganalisis data dari studi yang berbeda, kembali ke pertengahan tahun 1960an, dan digabungkan hasilnya untuk mendapatkan hasil keseluruhan.

Mereka menemukan orang hanya mengonsumsi kurang lebih 1.600 mg potasium per hari, kurang dari separuh jumlah kalium harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa yaitu 3.500 mg.

Jika seseorang sudah cukup mengonsumsi kalium dengan jumlah tersebut, dijamin akan mendapat risiko stroke yang lebih rendah.

Pisang rata-rata mengandung sekitar 500 miligram kalium, yang membantu untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan, lekas marah mual denyut jantung tidak teratur, dan diare.

Berkurangnya angka kematian

Sementara itu, peneliti dari Universitas Warwick dan Universitas Naples mengatakan asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan.

Tetapi jika konsumen makan makanan kaya kalium lebih banyak dan juga mengurangi konsumsi garam mereka, angka kematian global per tahun dari stroke akan berkurang sebanyak satu juta.

Para peneliti mengatakan dalam laporannya, ini akan bermanfaat ke dalam pengurangan sebanyak 1.155.000 kematian stroke per tahun pada skala dunia.

Stroke, yang biasanya disebabkan ketika bentuk-bentuk bekuan dan blok suplai darah ke otak, membunuh sekitar 200 orang setiap hari di Inggris.

Banyak lagi yang tersisa dinonaktifkan dan dalam bahaya serangan kedua atau bahkan ketiga yang dapat membunuh mereka.

Mengobati dan merawat 100.000 orang yang terkena stroke setiap tahun di Inggris yang diperkirakan 2,3 miliar. Hanya kanker dan penyakit jantung membunuh lebih banyak orang.

"Penelitian ini menunjukkan makan banyak makanan kaya kalium, seperti pisang, tanggal dan bayam, dapat mengurangi risiko Anda mengalami stroke," ungkap seorang juru bicara Asosiasi Stroke.

"Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko terbesar untuk penelitian stroke dan terakhir telah menunjukkan bahwa kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah," katanya.

Sumber : http://gayahidup.inilah.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pambagya Raharja Mantu

Doa Pembuka Sebelum Kultum atau Ceramah

Sujud Tilawah