Sabtu, 29 Juni 2013

Bacaan Doa Iftitah


Doa Untuk Kedua Orang Tua

 
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.
“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.
Artinya :
 “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Doa sehari-hari ( 7 doa )


1. Do’a Sebelum Makan
Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaari Bismillahirrahmaaniraahiimi.

Artinya
 Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)

2. Do’a Sesudah Makan

Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiina.

Artinya
 Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud)

Alhamdulilaahilladzi ath’amanii hadzaa wa razaqaniihi min ghayri hawlin minnii wa laa quwwatin.

Artinya
Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini dan melipahkannya kepadaku tanpa daya dan kekuatanku. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Do’a Sebelum Tidur

Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuutu.

Artinya
 Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Do’a Sesudah Bangun Tidur

Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuuru.

Artinya
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari)

5. Do’a Terkejut Bangun Dari Tidur

A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruuni.

Artinya
 Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari gangguan setan dan dari kehadiran mereka (HR. Abu Daud dan Tir-middzi)

6. Do’a Mimpi Baik

Alhamudlillaahirrabbil ‘alamiin.

Artinya
 Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam (HR. Bukhari)

7. Do’a Mimpi Tidak Baik

Allaahumma innii a'uudzu bika min ‘amalisy syaythaani, wa sayyi’aatil ahlaami.

Artinya
 Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as-Sani)

Sumber : hikmah kehidupan

Callum Bocah Inggris Umur 12 Tahun Mampu Beli 3 Mobil Ferrari

 
London - Kabar cukup menghebohkan dari datang dari Inggris. Bocah yang baru berusia 12 tahun sudah mampu memboyong 3 mobil super Ferrari. Itu bukan diberi orangtuanya lho tapi murni berkat kerja kerasnya. Kok bisa ?
Cerita itu berawal ketika Callum, bocah asal Inggris berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang kemudian dijual kepada Google dengan harga US$ 13 juta atau sekitar Rp 128 miliar. Sekarang dia menjadi salah satu orang kaya baru.
Dilansir GT Spirit, Jumat (28/6/2013) saat Callum berusia 9 tahun, dia sudah berhasil menciptakan aplikasi tersebut beruntung aplikasi tersebut dibeli oleh Google dengan harga tinggi.
Ketiga mobil super itu yakni Ferrari 458 Italia, 599 GTO dan 335 yang pernah bermain dalam salah satu film James Bond. Alasan Callum membeli Ferrari 335 karena keunikan mobil tersebut.
"Mobil yang pernah di film James Bond itu sangat unik, saya sangat suka mobil itu," kata Callum. Meski yang mengendarai tetap ayahnya.


sumber : detikOto

Minggu, 16 Juni 2013

Account Representative alias AR disediakan untuk Wajib Pajak

Jakarta - Sebagai seorang pengusaha yang baru merintis usahanya, Reza sering tidak tenang tidurnya. Rasa takut bercampur dengan rasa bersalah karena belum melakukan kewajibannya sebagai warga negara yang baik. Sebagai pengusaha muda, dia sama sekali belum melaporkan usahanya ke kantor pajak, apalagi melakukan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) maupun Pajak Penghasilan (PPh). Dan ketika melihat kehidupan Bambang tetangga rukonya, Reza sadar bahwa seharusnya dia sudah selayaknya membayar kedua pajak tersebut.

Rasa nasionalismenya juga terusik ketika Bambang dengan bangganya bercerita bahwa dirinya telah berpartisipasi dalam pembangunan melalui pajak yang dibayarnya. Reza, yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merasa tidak tenang, apalagi ketika Bambang bercerita bahwa ada sanksi yang cukup berat bagi yang menyembunyikan usahanya dari kantor pajak. Namun demikian, Reza merasa kurang puas atas penjelasan Bambang dalam hal-hal tertentu, karena ternyata Bambang kurang menguasai masalah perpajakan. Untuk mengurus pajak perusahaan dan pajak pribadinya, Bambang menyerahkannya pada Konsultan Pajak yang disewanya.

Sempat terbersit dalam hati Reza untuk menyewa jasa Konsultan Pajak, namun ketika Bambang menyebutkan jumlah feenya, dia mengurungkan niatnya. Apadaya kemampuan finansialnya masih belum memungkinkannya untuk melakukan hal tersebut. Namun, pencariannya tidak berhenti sampai disitu. Melalui peramban (browser) di tabletnya, diketiklah kata kunci yang ingin diketahuinya, “pajak”. Tampillah website Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di halaman tabletnya. Setelah beberapa lama membuka halaman Belajar Pajak, mata Reza tertuju pada pranala (link) Kontak Kami. Dijumpainya nomor telepon Kring Pajak 500200 dan mulailah dia menghubungi nomor itu.

Sesaat setelah menelepon nomor tersebut, Reza terkejut, suara merdu dan ramah diujung telepon melunturkan stigmanya tentang pegawai pajak menakutkan. Dari petugas, dia mendapatkan penjelasan tentang pajak secara rinci. Reza pun mendapatkan informasi bagaimana caranya melakukan pendaftaran sekaligus mendapatkan penjelasan bahwa nantinya dia akan dibimbing oleh Account Representative (AR) untuk mengurus pajaknya. Petugas juga meyakinkan Reza bahwa dia tidak perlu takut dengan petugas pajak, karena saat ini Ditjen Pajak tengah gencar-gencanya meningkatkan kualitas layanan perpajakan. Dan mulailah Reza melakukan pendaftaran di kantor pajak terdekat dari rukonya sekaligus menikmati layanan AR yang senantiasa membimbingnya dalam pembayaran dan pelaporan pajak.

AR mempunyai tugas untuk melakukan bimbingan atau himbauan dan konsultasi teknis perpajakan kepada Wajib Pajak. Sesuai dengan tugasnya tersebut Wajib Pajak, seperti Reza dan Bambang, dapat berkonsultasi tentang pajak kepada AR-nya tanpa dipungut biaya. Sebelum ditugaskan, AR dibekali dengan pelatihan intensif dengan trainer yang berpengalaman, sehingga memiliki pengetahuan yang mendalam tentang aturan pajak. Bahkan banyak dari mereka yang telah memperoleh pendidikan perpajakan sejak mereka kuliah atau ketika mereka diterima sebagai pegawai Ditjen Pajak. Pengetahuan tentang pajak pun selalu bertambah dengan berbagai workshop dan in-house training yang diikutinya.

Selain fungsinya sebagai pemberi layanan konsultasi tanpa dipungut biaya alias GRATIS untuk Wajib Pajak, AR juga merupakan penghubung antara Ditjen Pajak dengan Wajib Pajak. Misalnya, ketika usaha Wajib Pajak diperiksa oleh Pemeriksa Pajak, AR dapat menyampaikan maksud dan tujuan pemeriksaan, memberikan penjelasan tambahan terkait koreksi dari pemeriksa, maupun menjadi teman berdiskusi tentang implementasi kebijakan perpajakan terbaru. Pun ketika dirasa Wajib Pajak Pajak tidak mendapat penjelasan yang cukup tentang koreksi pajak yang dilakukan oleh Pemeriksa Pajak, AR dapat membantu memberikan penjelasan kepada Wajib Pajak. Dengan berbagai peran tersebut AR pun dibekali kemampuan untuk memahami proses bisnis Wajib Pajak secara komprehensif.

Saat ini, Ditjen Pajak memiliki 6.885 petugas AR yang tersebar di 331 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui siapa AR dari Wajib Pajak tertentu, tinggal menghubungi Kring Pajak 500200, menyebutkan NPWP, dan dalam sekejap data AR sudah diketahui. Sudah menjadi kewajiban seorang AR untuk membantu Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Oleh karena itu, Wajib Pajak tidak perlu sungkan untuk menghubungi ARnya kapan pun dibutuhkan, tentunya dalam jam operasional kantor.

Lebih dari itu, AR dapat memberikan solusi yang terbaik sesuai ketentuan yang berlaku terkait masalah perpajakan yang sedang dihadapi oleh Wajib Pajak, selaku Badan maupun Orang Pribadi. Sebagai ujung tombak pelayanan, AR disiapkan untuk memberikan solusi yang komprehensif, termasuk menjelaskan hak-hak yang dimiliki Wajib Pajak. Tunggu apalagi, segera hubungi AR Anda, dan selesaikan kewajiban perpajakan Anda secepatnya. Bangga bayar pajak!

sumber : newsdetik.com

Rabu, 12 Juni 2013

Hindari Tidur Dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik

Tidur merupakan kebutuhan alami manusia. Dengan tidur yang berkualitas, metabolisme tubuh ditata kembali. Kita juga memiliki kesempatan untuk melakukan regenerasi / mengganti sel-sel tubuh yang mati.

Nah tahukah Anda, bagaimana cara mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas? Salah satu caranya adalah dengan memadamkan lampu di waktu tidur normal (9 malam hingga 8 pagi) demi mendapatkan hormon melatonin secara maksimal.

Hormon Melatonin

Adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap dan berfungsi mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur.

Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekitar jam 02.00 – 04.00 dan paling rendah di sore hari. Ini juga menjawab kenapa orang semakin bertambah usia semakin sedikit tidurnya, karena secara alamiah, produksi hormon melatonin ini juga akan mengalami penurunan, sejalan dengan pertambahan usia manusia.

Penurunan yang drastis biasanya terjadi sekitar usia 40 tahun sehingga dengan menurunnya hormon ini maka kualitas tidurpun akan menurun dan sering berefek pada kesulitan tidur.

Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. Jadi sebaiknya kalau tidur lampu dimatikan agar bisa memaksimalkan produksi melatonin.

Memang, ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman, atau bahkan tidak dapat tidur pada kondisi gelap. Namun jika melihat manfaat atau dampaknya, hal ini perlu diperhatikan juga. Antara lain dengan tidak tidur di bawah pencahayaan langsung (dari lampu kamar), terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Matikan Televisi dan Musik

Kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik, atau menonton televisi sampai tertidur, atau membiarkan lampu di ruangan menyala terang, memang sulit dihilangkan dan menurut sebagian orang kondisi seperti itu membuat mereka menjadi lebih cepat tertidur.

Tetapi pada kenyataannya setelah terbangun mereka merasa lebih tegang (stress). Bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur semalaman.

Penjelasannya :
Pada saat kita tidur sebetulnya otak tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh.

Pada malam hari, seiring menurunnya aktivitas tubuh, ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Namun apabila kita tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita.

Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.

Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. Jadi jangan biarkan otak Anda kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari otak juga akan diperas oleh kegiatan rutin kita.


sumber : unik dan keren

Sabtu, 08 Juni 2013

Di Balik Nikmatnya Mi Instan


Mi instan memang bisa meredam rasa lapar, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi dengan bumbu buatan dan pengawet kimia, yang semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut beberapa bahaya kesehatan yang mengancam bila Anda terlalu sering makan mi instan, seperti dilansir Boldsky, Sabtu (8/6/2013):

1. Terganggunya penyerapan nutrisi
Mi instan dapat menghambat kemampuan anak di bawah 5 tahun untuk menyerap nutrisi. Setelah sering mengonsumsi mi instan, banyak anak-anak balita mengalami kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang tepat.

2. Kanker
Selain dengan bungkus plastik, ada juga mi instan yang dikemas dengan bungkus yang mengandung styrofoam dan bisa langsung diseduh. Padahal styrofoam dikenal sebagai agen penyebab kanker.

3. Keguguran
Sejumlah wanita hamil yang makan mi instan selama kehamilan mengalami keguguran. Hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mi instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

4. Gangguan metabolisme
Konsumsi mi instan jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mi.

5. Kerusakan organ
Mi instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Gangguan pencernaan
Mi instan dapat mengganggu sistem pencernaan. Konsumsi lanjutan dari mi instan mengakibatkan kembung, sembelit atau tidak teraturnya gerakan usus.

7. Obesitas
Mi instan adalah salah satu penyebab utama obesitas. Hindari mi instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. MSG
Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mi. Sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

9. Tinggi natrium
Mi instan juga mengandung jumlah natrium yang tinggi. Kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi mi instan berlebihan.

10. Junk food
Mi instan hanya dapat dianggap sebagai junk food dan tidak pernah menggantikan makanan bernutrisi. Hal ini karena mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak ada vitamin, mineral atau serat. Mi instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Ini padat kalori dan memberikan efek negatif pada kesehatan.

99 Asmaul Husna


99 Asma Ul Husna dan artinya



1. (Ar Rahman) Artinya Yang Maha Pemurah
2. (Ar Rahim) Artinya Yang Maha Mengasihi / Penyayang
3. (Al Malik) Artinya Yang Maha Menguasai / Merajai
4. (Al Quddus) Artinya Yang Maha Suci
5. (Al Salam) Artinya Yang Maha Selamat
6. (Al Mukmin) Artinya Yang Maha Melimpahkan Keamanan
7. (Al Muhaimin) Artinya Yang Maha Memelihara / Mengawasi
8. (Al Aziz) Artinya Yang Maha Berkuasa / Ynag Dapat Mengalahkan
9. (Al Jabbar) Artinya Yang Maha Perkasa / Menundukkan Segalanya
10. (Al Mutakabbir) Artinya Yang Mempunyai kebesaran.

11. (Al Khaliq) Artinya Yang Maha Pencipta
12. (Al Bari) Artinya Yang Maha Menjadikan / Melepaskan
13. (Al Musawwir) Artinya Yang Maha Pembentuk
14. (Al Ghaffar) Artinya Yang Maha Pengampun
15. (Al Qahhar) Artinya Yang Maha Memaksa
16. (Al Wahhab) Artinya Yang Maha Penganugerah / Pengkarunia
17. (Al Razzaq) Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki
18. (Al Fattah) Artinya Yang Maha Pembuka
19. (Al Alim) Artinya Yang Maha Mengetahui
20. (Al Qabidh) Artinya Yang Maha Pengekang / Menyempitkan Rezeki

21. (Al Basit) Artinya Yang Maha Melimpah Nikmat / Melapangkan Rizki
22. (Al Khafidh) Artinya Yang Maha Perendah / Merendahkan Derajat
23. (Ar Rafik) Artinya Yang Maha Peninggi / Meninggikan Derajat
24. (Al Mu’izz) Artinya Yang Maha Menghormati / Memuliakan
25. (Al Muzill) Artinya Yang Maha Menghina
26. (As Sami) Artinya Yang Maha Mendengar
27. (Al Basir) Artinya Yang Maha Melihat
28. (Al Hakam) Artinya Yang Maha Mengadili / Menetapkan Hukum
29. (Al Adil) Artinya Yang Maha Adil
30. (Al Latif) Artinya Yang Maha Lembut/Halus

31. (Al Khabir) Artinya Yang Maha Waspada
32. (Al Halim) Artinya Yang Maha Penyabar
33. (Al Azim) Artinya Yang Maha Agung
34. (Al Ghafur) Artinya Yang Maha Pengampun
35. (Asy Syakur) Artinya Yang Maha Bersyukur / Berterima Kasih
36. (Al Ali) Artinya Yang Maha Tinggi
37. (Al Kabir) Artinya Yang Maha Besar
38. (Al Hafiz) Artinya Yang Maha Memelihara
39. (Al Muqit) Artinya Yang Maha Menjaga / Memberikan Makan
40. (Al Hasib) Artinya Yang Maha Penghitung

41. (Al Jalil) Artinya Yang Mempunyai Kebesaran
42. (Al Karim) Artinya Yang Maha Mulia
43. (Ar Raqib) Artinya Yang Maha Waspada / Mengawasi
44. (Al Mujib) Artinya Yang Maha Pengkabul
45. (Al Wasik) Artinya Yang Maha Luas
46. (Al Hakim) Artinya Yang Maha Bijaksana
47. (Al Wadud) Artinya Yang Maha Mengasihi / Penyayang
48. (Al Majid) Artinya Yang Maha Mulia
49. (Al Baith) Artinya Yang Maha Membangkitkan Semula
50. (Asy Syahid) Artinya Yang Maha Menyaksikan

51. (Al Haqq) Artinya Yang Maha Benar
52. (Al Wakil) Artinya Yang Maha Pentabir / Mengurusi
53. (Al Qawiy) Artinya Yang Maha Kuat
54. (Al Matin) Artinya Yang Maha Teguh / Kokoh
55. (Al Waliy) Artinya Yang Maha Melindungi
56. (Al Hamid) Artinya Yang Maha Terpuji
57. (Al Muhsi) Artinya Yang Maha Penghitung
58. (Al Mubdi) Artinya Yang Maha Pencipta dari Asal / Memulai
59. (Al Muid) Artinya Yang Maha Mengembalikan
60. (Al Muhyi) Artinya Yang Maha Menghidupkan

61. (Al Mumit) Artinya Yang Mematikan
62. (Al Hayyu) Artinya Yang Maha Hidup
63. (Al Qayyum) Artinya Yang Hidup serta Berdiri Sendiri
64. (Al Wajid) Artinya Yang Maha Penemu
65. (Al Majid) Artinya Yang Maha Mulia
66. (Al Wahid) Artinya Yang Maha Esa
67. (Al Ahad) Artinya Yang Tunggal
68. (As Samad) Artinya Yang Menjadi Tumpuan
69. (Al Qadir) Artinya Yang Maha Berupaya
70. (Al Muqtadir) Artinya Yang Maha Berkuasa
71. (Al Muqaddim) Artinya Yang Maha Mendahului
72. (Al Muakhir) Artinya Yang Maha Mengakhiri / Penangguh
73. (Al Awwal) Artinya Yang Pertama
74. (Al Akhir) Artinya Yang Akhir
75. (Az Zahir) Artinya Yang Zahir
76. (Al Batin) Artinya Yang Batin / Tak Kelihatan Dzatnya
77. (Al Wali) Artinya Yang Memerintah / Menguasai
78. (Al Muta Ali) Artinya Yang Maha Tinggi serta Mulia
79. (Al Barr) Artinya Yang banyak membuat kebajikan / Kebaikan
80. (At Tawwab) Artinya Yang Menerima Taubat

81. (Al Muntaqim) Artinya Yang Maha Memberi Hukuman / Siksaan
82. (Al Afuw) Artinya Yang Maha Pengampun
83. (Ar Rauf) Artinya Yang Maha Pengasih serta Penyayang
84. (Malikul Mulk) Artinya Pemilik Kedaulatan Yang Kekal / Memiliki Kerajaan
85. (Dzul Jalal Wal Ikram) Artinya Yang Mempunyai Keagungan dan Kemuliaan
86. (Al Muqsit) Artinya Yang Maha Adil
87. (Al Jami) Artinya Yang Maha Mengumpulkan
88. (Al Ghaniy) Artinya Yang Maha Kaya
89. (Al Mughni) Artinya Yang Maha Memberi Kekayaan
90. (Al Mani) Artinya Yang Maha Pencegah / Mempertahankan
91. (Al Darr) Artinya Yang Mendatangkan Mudharat / Bahaya
92. (Al Nafi) Artinya Yang Memberi Manfaat
93. (Al Nur) Artinya Memberi Cahaya
94. (Al Hadi) Artinya Yang Memimpin dan Memberi Pertunjuk
95. (Al Badi) Artinya Yang Maha Pencipta Yang Tiada BandinganNya
96. (Al Baqi) Artinya Yang Maha Kekal
97. (Al Warith) Artinya Yang Maha Mewarisi
98. (Ar Rasyid) Artinya Yang Maha Pandai
99. (As Sabur) Artinya Yang Maha Penyabar / Sabar



sumber : http://aznas.blogspot.com

Minyak Goreng bisa digunakan hingga tiga kali


Menurut beberapa ahli, minyak bisa digunakan hingga tiga kali asalkan tidak dipanaskan dalam suhu tinggi.

Tekstur makanan yang garing banyak disukai orang. Namun tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, apalagi jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah digunakan berulang kali. Nutrisi minyak yang sudah dipanaskan bisa berubah menjadi tidak sehat.

Menentukan minyak yang sehat atau tidak bisa diperhatikan dari berapa kali pengunaan minyak. Minyak goreng bisa digunakan hingga tiga kali pakai dan disimpan dalam wadah tertutup. Cara menyimpan ini diyakini dapat meminimalisir proses oksidasi pada minyak.

Menurut Hardinsyah, MS. PhD selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, saat dihubungi Detikfood (27/5/2013), minyak goreng bisa digunakan hingga tiga kali. Namun lebih baik jika digunakan satu kali saja dengan suhu di bawah 120 C.

Iapun menambahkan, jangan sampai minyak yang sedang dipanaskan mengeluarkan asap karena minyaknya bisa berganti menjadi lemak jenuh. “Suhu pemanasan yang tinggi juga dapat merusak protein makanan yang sedang digoreng, sepeti daging ayam ataupun tempe.” ujar Atin Nurafiatin, ahli gizi My Meal Catering.

Atin juga menambahkan, kerusakan minyak seperti bau tengik bisa terjadi karena tiga hal yaitu proses oksidasi, enzim dan hidrolisis. Kerusakan akibat proses oksidasi ini disebabkan oleh penyimpanan minyak yang terlalu lama sehingga semakin banyak oksigen yang diserap oleh asam lemak. Cahaya juga sangat mempengaruhi kelembaban udara dan suasana asam ruangan.

Sedangkan hidrolisis ini terjadi karena reaksi kimia dalam minyak. Mudah terjadi pada minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Biasanya warna minyak berubah menjadi cokelat dan lebih banyak menyerap minyak. Adanya enzim pada minyak juga bisa merusak minyak. Hal ini terjadi karena aktifitas organisme yang menghasilkan enzim dan akan menguraikan ikatan trigliserida.







Emilia E. Achmadi MS., RD, ahli gizi dari Klinik Kardiovaskular Cinere, juga menambahkan minyak yang dipanaskan hingga lebih dari delapan jam bisa merubah struktur menjadi berasap. Selain itu warnanya juga berubah jadi lebih gelap.

sumber : detikfood.com